Selasa, 20 Oktober 2015

Penulisan "PEMUDA DAN SOSIALISASI"


PEMUDA DAN SOSIALISASI
1.      Internalisasi Belajar dan Spesialisasi
            Masa remaja adalah suatu masa pergantian atau transisi secara psikologis yang sangat bermasalah, dalam masa ini mereka dalam kondisi tanpa norma atau hukum atau anomi akibat dari kontradiksi norma dan orientasi mendua. Menurut enoch markum anomi itu adalah suatu yang muncul akibat dari keanekaragaman dan juga kekaburan dari norma.
·         Orientasi Mendua
Menurut pernyataan Dr. Male bahwa Orientasi mendua adalah suatu orientasi yang sangat bertumpu atau berlandaskan harapan dari orang tua, masyarakat sekitar dan juga bangsa atau lingkungan sekitar yang saling bertentangan dengan keterikatan terhadap masyarakat dan lingkungan. 
·         Peran Media Massa
            Peran dari media massa sangat lah berpengaruh. Ciri-ciri peralihan dari kanak-kanak menjadi dewasa yaitu:
a.       Suatu keinginan untuk menyatakan diri atau identitasnya sendiri.
b.      Kemampuan untuk melepaskan diri dari ketergantungan hidupnya bersama orang tua.
c.       Memenuhi kebutuhan suatu aksebilitasi dengan teman sebaya nya.
            Ciri-ciri diatas ini menyebabkan remaja melahap informasi yang mereka dapat tanpa menyaring informasi yang penting dan berguna daripada yang tidak penting.

2.      Pemuda dan Identitas
            Pemuda adalah suatu generasi yang terbebani oleh bermacam harapan. Seperti pemuda yang harus menajadi penerus bangsa. Harus bisa melanjutkan pembvangunan negara ini supaya lebih maju.


a.       Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda
            Pola-pola dasar yang digunakan untuk pembinaan dan pengembangan generasi muda berlandaskan dengan:
ü  Landasan idiil                         :  Dengan menggunakan Pancasila
ü  Landasan Konstitusional        : Dengan Undang-Undang Dasar 1945
ü  Landasan Strategis                  : Dengan Garis Besar Haluan Negara
ü  Landasan Historis                   : Dengan diciptakannya Sumpah Pemuda pada  tahun 1928                                                             dan diciptakannya Proklamasi Kemerdekaan pada tahun 17                                                             Agustustus 1945
ü  Landasan Normatif                 : Dengan cara menggunakan Etika, tata nilai dari leluhur                                                      disuatu wilayah
            Dalam Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda memiliki 2 pengertian, yaitu:
        i.            Generasi muda merupakan subyek untuk dilakukannya suatu pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang sudah memiliki suatu kemampuan untuk dapat mandiri dan dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi oleh bangsanya dan membantu dalam pembangunan bangsanya
      ii.            Generasi muda merupakan subyek untuk dilakukannya suatu pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang sangat memerlukan sebuah pembinaan dan pengembangan yang optimal ke arah dengan potensi dan kemampuan yang mereka punya agar mereka bisa bersifat mandiri dan dilibatkan secara fungsional

b.      Masalah dan Potensi Generasi Muda
1)      Permasalahan Generasi Muda
                                    Berbagai masalah terhadap generasi muda yang timbul pada saat ini, yaitu:
§  Menurunnya sifat jiwa idealisme, patriotisme, dan juga nasionalisme di kalangan remaja.
§  Tidak ada suatu kepastian oleh generasi muda kita terhadap masa depannya.
§  Belum seimbang antara generasi muda atau jumlah penduduk yang masih muda dengan fasilitas yang tersedia, baik dari pendidikan, kemudian kesehatan bahkan lapangan pekerjaan pun kurang tersedia. Akibat banyak generasi muda kita yang putus sekolah karena penyebab ekonomi bisa merugikan bangsa ini.
§  Selain karena putus sekolah kurangnya lapangan pekerjaan untuk para generasi muda, akibatnya para generasi muda yang menjadi pengangguran. Karena banyaknya pengangguran maka akan memperlambat pembangunan negara ini.
§  Akibat dari pengangguran dan biaya ekonomi yang meningkat maka banyak generasi muda yang kekurangan gizi. Akibatnya perkembangan dan juga kecerdasan generasi muda menjadi lambat.
§  Banyak di negara kita yang belum mengetahui larangan menikah dibawah umur, karena bisa membahayakan, dan masih banyak warga di pedesaan yang awam menikah dibawah umur.
§  Pada zaman sekarang banyak anak- anak muda kita yang terjerumus kedalam pergaulan bebas dan itu bis menyebabkan bahaya bagi keluarganya.
§  Selain pergaulan bebas kenakalan lainnya yang dilakukan oleh generasi muda karena kurangnya perhatiannya orang tua terhadap anaknya adalah penyalahgunaan narkoba dan sejenisnya.
§  Pemerintah belum membuat suatu undang- undang yang membahas tentang generasi muda di Indonesia.

2)      Potensi-potensi Generasi Muda/Pemuda
                                    Potensi-potensi yang dapat dikembangkan dari para generasi muda, yaitu :
v  Idealisme dan Daya Kritis
v  Dinamika dan Kreatifitas
v  Keberanian dalam mengambil resiko
v  Optimis dan juga kegairahan untuk tetap semangat
v  Memiliki sikap kemandirian dan disiplin
v  Terdidik atau terpelajar
v  Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan bermasyarakat
v  Memiliki sikap patriotisme dan nasionalisme
v  Memiliki sikap kesatria atau memiliki sikap pemberani
v  Mempunyai wawasan yang cukup luas di bidang ilmu dan juga teknologi.

            Sosialisasi adalah suatu proses seorang individu untuk melakukan penyesuaian diri, untuk mengetahui cara dia bertindak dan juga berperan dan juga berfungsi di masyarakat. Biasanya proses sosialisasi ini dilakukan untuk pertama kali nya di dalam keluarganya sendiri. Tujuan dari proses sosialisasi adalah:
Ø  Setiap generasi muda wajib diberikan ilmu pengetahuan dan bisa dengan teknologi yang digunakan atau dibutuhkan untuk kehidupannya nanti di masyarakat.
Ø  Setiap generasi muda yang sudah memiliki ilmu dan bisa dengan teknologi, maka mampu untuk berkomunikasi dengan baik dan benar secara efisien untuk mengembangkan kemampuan dirinya.
Ø  Setiap generasi muda harus melakukan pelatihan-pelatihan untuk bisa mengembangkan dirinya dengan maksimal.
Ø  Setiap generasi muda harus berperilaku yang baik dan juga sesuai dengan norma dan kepercayaan masyarakat di lingkungan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar